Pengertian dan Cara Membuat Variabel Pada JavaScript

Pengertian dan Cara Membuat Variabel Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah belajar menghubungkan JavaScript dengan HTML kemudian pada seri ini kita akan belajar seputar variabel. Variabel adalah suatu cara suatu untuk menampung sebuah nilai, tujuannya untuk menghemat penulisan apabila nilai tersebut terlalu panjang, atau dimanfaatkan untuk menampung nilai yang akan dikeluarkan secara berulang-ulang pada baris kode. Variabel terdapat beberapa type yaitu number, string, bollean, dan lain sebagainya.

Aturan Penulisan Nama Variabel JavaScript

Untuk membuat nama variabel sebaiknya kamu memahami beberapa aturan penulisannya yaitu :

  • Karakter pertama harus menggunakan huruf, underscore (_), atau dollar ($).
  • Karakter selanjutnya bisa ditambah dengan huruf, angka, underscore (_), atau dollar ($).
  • Tidak boleh diawali dengan angka, @, *, #, !, %, (, ), -, +.
  • Tidak boleh mengandung spasi didalam nama variabel.
  • Tidak boleh menggunakan keyword yang pada JavaScript, misalnya boolean, break, do, double, else, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Variabel Pada JavaScript

Untuk membuat variabel pada JavaScript diawali dengan keyword var kemudian tulis nama variabelnya, dan supaya mempermudah nama variabel diberi nama yang sesuai dengan data yang akan dimasukkan ke variabel yang akan ditulis. Misalnya var nilaiAwal, var namaOrang, var jumlah_uang, var nilaiTotal dan lain sebagainya.

Setelah menentukan nama variabel, untuk memberi nilai variabel tersebut maka setelah nama variabel kamu cukup memberi tanda sama dengan (=) kemudian isi nilai variabel dan diakhiri dengan tanda titik koma (;). Misalnya var nilaiAwal = 253203749; var namaOrang = “Tono Hartono”; var jumlah_uang = 130000; dan lain sebagainya. Apabila kamu ingin memasukkan tulisan (String) maka sebaiknya diawali dan diakhiri dengan tanda kutip satu (‘) atau kutip dua (“) misalnya var namaOrang = ‘Tono Hartono’; atau var namaOrang = “Tono Hartono”;.

Sedangkan untuk contoh penggunaan pada kode program silakan lihat contoh kode berikut ini :

Pada contoh kode diatas pada baris nomor 7 terdapat contoh membuat variabel pada JavaScript yaitu var dataAwal = 1500; yang berarti memberi nilai kepada dataAwal 1500. Kemudian pada baris nomor 8 kita dapat langsung memanggil nama variabel dengan dataAwal (tanpa var). Maka pada contoh kode diatas apabila dibuka pada browser akan tampil sebuah alert dengan tulisan 1500.

Gambar Hasil Membuat Variabel Pada JavaScript

Saya kira cukup jelas untuk penjelasan cara membuat variabel pada JavaScript ini, saran saya supaya kamu lebih paham pada seri ini silakan modifikasi contoh kode program diatas dengan menggunakan nama variabel dan nilai yang berbeda. Demikian Apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post