Pengertian JavaScript

Apa Pengertian JavaScript

Sebelum memulai belajar javascript sebaiknya kamu mengetahui apa itu pengertian JavaScript. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client side (di borwser). Menurut wikipedia JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. JavaScript pertama kali dibuat oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.

Pada awal pembuatanya JavaScript ditujukan untuk membuat interaksi antara user dengan website menjadi lebih cepat dan tanpa menunggu pemrosesan dari server. Misalnya sebuah form yang terdapat di website dengan JavaScript kita dapat langsung memvalidasi dan mengetahui setiap inputan masih kosong atau sudah di isi dengan benar atau belum secara cepat. Sedangkan ketika tidak menggunakan JavaScript (cara lama) maka isi form tersebut harus dikirim dan diproses di server website terlebih dahulu dengan cara klik tombol submit yang ada di dalam form, dan ketika ada inputan form yang tidak valid atau masih kosong server baru memberikan respon. Tentunya dengan cara seperti ini memerlukan waktu yang lebih lama bila dibanding dengan menggunakan JavaScript.

Untuk saat ini penggunaan JavaScript tidak terbatas dengan validasi form saja, yaitu untuk membuat website lebih interaktif dengan adanya animasi-animasi tertentu sehingga website terlihat lebih modern, fitur chatting, request ajax, game, dan lain sebagainya. Untuk itu selain belajar HTML dan CSS belajar JavaScript ini menjadi sangat penting apabila kamu ingin menjadi web developer, terutama pada bagian fornt end developer.

Banyak programmer pemula yang bingung antara Java dan javaScript, malah ada yang mengagap itu sama. Namun kenyataannya antara Java dan JavaScript itu berbeda. Web browser Netscape yang pertama kali mengembangkan JavaScript menggunakan nama “Java” agar ketenarannya sama dengan bahasa pemrograman java yang saat itu sedang populer. Nama resmi JavaScript yaitu EcmaScript namun kebanyakan orang menyebutnya dengan JavaScript, jadi apabila suatu saat kamu mendengar EcmaScript berarti itu adalah JavaScript. Dan JavaScript berbeda dengan Java.

Demikian untuk pembahasan pengertian JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar ini silakan sampaikan dikolom komentar.


Kolom Komentar

Related Post