Pengertian Modulus Dalam Bahasa Pemrograman Kotlin

Modulus Dalam Bahasa Pemrograman Kotlin

Modulus atau bisa disebut modulo dalam bahasa pemrograman yaitu sebuah operasi matematika yang menghasilkan sisa dari pembagian terhadap bilangan. Contohnya yaitu 7 dibagi 3 maka akan menghasilkan 2 dan memiliki sisa 1, maka modulus 7 bagi 3 adalah 1. Dan apabila dari pembagian tidak memiliki sisa dari hasil bagi maka modulusnya yaitu 0. contohnya 6 bagi 3 adalah 2 dan memiliki sisa 0 maka modulusnya 0. Dan dalam bahasa program, terutama pada Kotlin modulus ditulis dengan simbol persen (%). Biasanya modulus ini digunakan untuk menentukan nilai ganjil atau genap pada kodingan, namun kita belum membahas tentang menentukan bilangan ganjil genap karena pada tulisan ini kita akan fokus ke dalam modulus terlebih dahulu.

Pengertian Modulus Dalam Bahasa Pemrograman Kotlin

Contoh Kode Modulus Dalam Kotlin

Supaya lebih paham langsung saja menuju kodingan. Berikut adalah contoh penulisan modulus dalam bahasa pemrograman Kotlin:

Buat file Modulus.kt pada folder scr kemudian tulis contoh kode diatas. Setelah selesai ditulis selanjutnya jalankan kode tersebut, maka akan tampil seperti contoh gambar dibawah ini.

Gambar Hasil Contoh Kode Modulus Dalam Kotlin

Penjelasan Kode

Pada contoh kode diatas terdapat beberapa baris operasi modulus. Dan penjelasan setiap barisnya yaitu sebagai berikut:

  • Pada baris nomor 2 terdapat kode val mod = 7 % 3, pada contoh kode tersebut operasi modulus adalah 7 % 3 yang kemudian hasil dari operasi tersebut disimpan didalam variabel mod.
  • Pada baris nomor 3 terdapat kode println(mod), yang maksudnya menampilkan (print) nilai dari variable mod, nilai variabel mod dihasilkan dari baris kode sebelumya, yaitu baris nomor 3.
  • Pada baris nomor 5 terdapat kode println(6 % 3) yang maksudnya langsung menampilkan (print) hasil dari modulus 6 % 3,¬†yang hasilnya adalah 0. Begitu juga dengan baris kode nomor 6 sampai 9, yaitu langsung menampilkan hasil dari perhitungan modulus yang terdapat didalam parameter print().

Demikian untuk penjelasan modulus dalam bahasa pemrograman Kotlin, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tulisan ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi seri tutorial Kotlin pemula untuk melihat seluruh list tutorial bahasa pemrograman Kotlin untuk pemula.


Kolom Komentar

Related Post