Pengertian Variabel Scope Pada PHP

Pengertian Variabel Scope Pada PHP

Variabel scope (ruang lingkup variabel) yaitu jangkauan variabel dimana nilai variabel masih bisa diakses atau tidak. Apabila kita membuat variabel dalam satu file php, variabel tersebut masih bisa diakses didalam file tersebut. Namun apabila variabel tersebut dibuat didalam fungsi maka variabel tersebut hanya bisa digunakan didalam fungsi itu saja. Dan apabila kamu mencoba menggunakan diluar fungsi akan terjadi error.

Karena variabel yang dibuat didalam fungsi secara default nilainya hanya dapat diakses didalam fungsi itu saya. Dan juga variabel yang dibuat diluar fungsi tidak dapat diakses nilainya didalam fungsi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas terdapat 2 buah variabel dengan nama variabel $nilai1 dan $nilai2. Variabel $nilai1 dibuat diluar function, dan ketika nilai variabel $nilai1 diakses didalam function test() maka PHP akan menampilkan pesan error bahwa variabel tersebut belum didefinisikan (Notice: Undefined variable: nilai1 in C:\xampp\htdocs\Latihan PHP Dasar\variabel-scope.php on line 7).

Begitu juga dengan variabel $nilai2 yang didefinisikan didalam function test(). Ketika variabel tersebut diakses diluar function, walau function sudah dijalankan (baris no 7). Maka akan PHP akan menampilkan error bahwa variabel tersebut belum didefinisikan (Notice: Undefined variable: nilai2 in C:\xampp\htdocs\Latihan PHP Dasar\variabel-scope.php on line 11).

Gambar Hasil Contoh Kode Variabel Scope PHP

Apabila kamu membuat 2 buah variabel yang sama diluar fungsi dan didalam fungsi maka variabel tersebut tetap memiliki nilai masing-masing. Contohnya seperti contoh kode dibawah ini :

Dari contoh diatas kita membuat variabel dengan nama $nilai = 8; diluar fungsi. Kemudian didalam fungsi test() kita membuat variabel $nilai = 10;. Pada baris nomor 9 kita menjalankan function test(), yang didalam function tersebut terdapat kode echo $nilai; yang menampilkan hasil 10. Kemudian pada baris nomor 11 kita ngeprint variabel $nilai, dan menampilkan hasil 8. Walau function test() sudah dijalankan maka variabel $nilai diluar fungsi nilainya tidak terpengaruh dengan variabel $nilai yang ada didalam fungsi.

Gambar Hasi Contoh Kode Variabel Scope PHP - 2

Dengan adanya scope variabel seperti diatas bagi yang sudah terbiasa tentunya memiliki banyak keuntungan untuk mengisolasi setiap variabel yang ada didalam fungsi. Apabila kebetulan ada nama variabel yang kita buat sama dengan nama variabel didalam fungsi, ntah itu fungsi bawaan PHP atau fungsi yang kita buat maka nilainya tidak terpengaruh.

Cara Membuat Variabel Global di PHP

Dengan adanya variabel scope seperti diatas mungkin kamu ada yang bertanya-tanya, lalu bagaimana apabila kita ingin menggunakan variabel yang ada diluar fungsi digunakan didalam fungsi?. Tenang di PHP bisa dilakukan, kita cukup menambahkan kata kunci global di dalam fungsi sebelum menggunakan variabel yang diinginkan. Namun perlu diingat, ketika kamu merubah nilai variabel tersebut walau merubahnya didalam fungsi, maka ketika kamu mengakses nilai variabel tersebut diluar fungsi maka nilai variabel akan ikut berubah.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Contoh kode diatas pada baris nomor 8 kita membuat variabel $nilai = 8;. Kemudian didalam function test() kita mengakses variabel $nilai dengan kata kunci global $nilai;. Dan pada baris nomor 6 kita mencoba ngeprint nilai variabel $nilai, dan menampilkan angka 8. Selanjutnya pada baris nomor 8 kita mengubah nilai variabel $nilai menjadi 10. Dan ketika nilai dari variabel tersebut diakses diluar fungsi maka nilai dari variabel $nilai akan ikut berubah menjadi 10.

Gambar Hasil Contoh Kode Membuat Variabel Global

Saya rasa cukup jelas untuk penjelasan seri pengertian variabel scope pada PHP. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini, silakan bertanya di kolom komentar. Dan apabila kamu baru menemukan seri PHP dasar yang ada di webiste ini, kamu dapat mengunjungi list seri tutorial belajar PHP dasar yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post