Perbedaan Val Dan Var Pada Kotlin

Perbedaan Val Dan Var Pada Kotlin

Seri sebelumnya kita sudah belajar tentang variabel (var), kemudian pada seri ini kita akan belajar perbedaan val dan var pada Kotlin. Val ini kegunaannya mirip dengan var yaitu digunakan untuk menyimpan data, namun keduanya memiliki perbedaan. Yang perbedaannya akan kita bahas dibawah.

Pebedaan Val Dan Var Pada Kotlin

Val pada Kotlin disebut dengan object Immutable, yaitu object yang nilainya tidak dapat diubah. Dan ketika dibuat (di deklarasikan) val harus mempunyai nilai. Contohnya :

Dari kedua baris kode diatas apabila kamu mencoba mengubah nilainya maka akan error.

Selanjutnya Var pada Kotlin disebut dengan object Mutable, yaitu object yang nilainya dapat dibuah ubah. Contohnya :

Kedua object var pada baris nomor 1 dan 2 diatas dapat diubah nilainya. Untuk mengubahnya kita tidak perlu menggunakan kata kunci var lagi namun langsung menulis namanya dan nilainya, seperti yang terdapat pada baris kode nomor 4 dan 5 diatas.

Latihan Menulis Kode Val Dan Var

Supaya lebih paham, sekarang kita akan mencoba membuat kode dengan melibatkan object val dan var. Bukalah project sebelumnya pada IntelliJ IDEA dan buatlah file Kotlin baru bernama ValVar, dan tentunya file tersebut berada didalam folder src. Selanjutnya tulis kode latihan seperti dibawah ini.

Setelah kode diatas selesai ditulis, kemudian jalankan kodenya. Maka akan tampil hasil seperti gambar dibawah.

Gambar Hasil Contoh Kode Val Dan Var Kotlin

Penjelasan Kode

Pada baris nomor 2 kita membuat object val dengan nama nama yang memiliki nilai “Lukman S”. Baris nomor 3 membuat object var dengan nama umur yang memiliki nilai 19. Dan pada baris nomor 4 kita membuat object var dengan nama hobi yang memiliki nilai “Ngoding”.

Selanjutnya pada baris nomor 6 sampai 8 kita menampilkan nilai dari masing-masing object val dan var tersebut ke console.

Kemudian pada baris nomor 10 kita mengubah object var yang bernama umur menjadi bernilai 20. Dan pada baris nomor 11 kita juga mengubah object var yang bernama hobi menjadi memiliki nilai “Mancing”.

Dan pada baris 13 dan 14 kita menampilkan nilai dari object umur dan hobi, maka nilai object tersebut sudah berubah sesuai nilai yang kita ubah pada baris nomor 10 dan 11.

Selanjutnya kita akan mencoba memaksa mengubah object val yang terdapat pada contoh kode diatas, yaitu object yang memiliki nama nama. Maka ketika dipaksa diubah nilainya menjadi error, dengan ditandai warna merah pada object val saat kita mengubahnya. Dan ketika kita paksa jalankan kode tersebut maka akan tampil “Error:(16, 5) Kotlin: Val cannot be reassigned” seperti contoh gambar dibawah.

Gambar Error Ketika Mengubah Nilai Object Val

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kapan saatnya kita menggunakan val atau var?. Val sebaiknya kamu gunakan apabila sepanjang kode yang kamu buat tidak akan mengubah nilai dari object tersebut. Dan Var kamu gunakan apabila didalam baris kode yang kamu buat akan mengubah nilainya.

Demikian penjelasan tentang perbedaan Val dan Var pada Kotlin, apa bila kamu memiliki pertanyaan seputar latihan ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru menemukan seri tutorial ini kamu dapat mengunjungi list seri tutorial Kotlin dasar untuk melihat list tutorial Kotlin secara berurutan di CaraKode.


Kolom Komentar

Related Post