Persiapan Menulis HTML

Gambar Persiapan Menulis HTML

Untuk menulis tag-tag HTML kamu memerlukan beberapa persiapan seperti text editor dan web browser. Text editor digunakan untuk menulis tag-tag HTML, contohnya kamu bisa menggunakan Notepad (bawaan Windows), Notepad++, atau lain sebagainya. Namun saya sarankan untuk saat ini sebaiknya kamu gunakan Notepad++ terlebih dahulu. Sedangkan browser kita gunakan untuk menampilkan atau membuka file HTML yang sebelumnya kita buat menggunakan text editor. Web browser biasanya sudah terinstall pada sistem operasi pada komputer PC atau Laptop. Contoh web browser yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lain sebagainya. Kamu dapat memilih salah satu dari beberapa web browser tersebut, naumun pada tutorial ini saya akan menggunakan web browser Google Chrome. Pasti kamu tidak asing lagi apa itu web browser karena saat kamu mengunjungi website Cara Kode ini pasti kamu menggunakan web browser.

Persiapan Text Editor

Pada penjelasan sebelumnya saya sudah sarankan menggunakan text editor Notepad++. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan cara install Notepad++ saja, untuk mempersingkat waktu. Pada step ini ditujukan bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Windows, dan sistem operasi tersebut belum terinstall aplikasi Notepad++, bagi yang sudah menginstallnya silakan melewati atau menyimaknya.

Cara Install Notepad++

Untuk menginstall Notepad++ sama seperti install aplikasi lainnya, langkah pertama silakan download file instalasi Notepad++ di website resminya.

Setelah berhasil di download silakan buka file installasi Notepad++ dengan cara double klik.

Setelah itu maka akan muncul pilihan bahasa seperti gambar di bawah ini, saya sarankan menggunakan bahasa English saja setelah itu klik OK.

Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, kemudian klik Next.

Setelah itu maka akan keluar License Agreement, untuk menginstall Notepadd++ kamu harus setuju dengan License Agreement pada Notepad++. Jika setuju silakan klik I Agree.

Selanjutnya masuk kedalam pilihan lokasi file installasi, saya sarankan biarkan standar saja dan klik Next.

Langkah selanjutnya pada contoh gambar dibawah saya biarkan sesuai bawaan saja dan klik Next.

Dan pada langkah terakhir ini klik Install.

Maka proses instalasi dimulai, silakan tunggu hingga selesai. Ketika sudah selesai maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, kemudian klik Finish.

Setelah klik Finish maka Notepad++ kamu akan terbuka, menandakan bahwa Notepad++ telah berhasil diinstall.

Persiapan Web Browser

Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa setiap sistem operasi pada PC atau Laptop biasnya sudah terdapat web browser bawaan, dan kamu mengunjungi website ini pun pasti menggunakan web browser. Namu bagi kamu yang ingin menggunakan Google Chrome seperti tutorial yang akan saya gunakan disini, dan kamu belum menginstallnya pada PC atau Laptop kamu silakan download di website resminya. Untuk cara installasinya sangat mudah, intinya hampir sama seperti install Notepad++ di atas. Dan berikut adalah gambar dari web browser Google Chrome.

Contoh Google Chrome

Saya rasa untuk persiapan menulis HTML ini cukup jelas, apabila ada pertanyaan atau menemui kesulitan silakan tanyakan di kolom komentar di bawah. Dan jika sudah paham silakan lanjutkan ke cara menulis struktur dasar HTML.


Kolom Komentar

Related Post