Seri Tutorial Belajar Kotlin Bahasa Indonesia

Tutorial Kotlin Bahasa Indonesia

Tulisan ini merupakan induk dari seri tutorial belajar Kotlin bahasa Indonesia yang ada di website Cara Kode ini. Tentunya dengan tujuan supaya dapat mempermudah menemukan tutorial bahasa pemrograman Kotlin yang ada di website ini secara mudah dan berurutan. Sebelum kita membahas tentang bahasa pemrograman Kotlin, sebaiknya kita berkenalan terlebih dahulu apa itu Kotlin.

Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang masih bisa dibilang cukup baru. Kotlin pertama kali rilis pada tahun 2011, dan bersifat open source. Kotlin dikembangkan oleh tim programer dari sebuah perusahaan bernama JetBrains di Rusia. Kotlin berjalan pada Java Virtual Mesin (JVM), maka dari itu kode programnya mirip dengan Java. Selain itu Kotlin dapat pula dikompilasi ke dalam bentuk kode JavaScript.

Di Google I/O 2017 Google telah memberikan dukungan untuk bahasa pemrograman Kotlin untuk mengembangkan aplikasi Android, selain Java dan C++. Jadi bagi kamu yang ingin mengembangkan aplikasi Android jangan ragu untuk belajar bahasa kotlin. Selain didukung langsung oleh Google, bahasa Kotlin ini kodenya cukup ringkas jika dibanding dengan dengan bahasa Java saat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android.

Pada tutorial kotlin dasar bahasa Indonesia ini akan kita mulai benar-benar dari awal. Maka dari itu bagi kamu yang belum memiliki pengalaman pada bahasa pemrograman Java dan belum memiliki pengalaman dengan bahasa pemrograman lain, kamu tetap dapat mengikuti tutorial Kotlin dasar ini. Namun apa bila kamu sudah sedikit tahu tentang bahasa pemrograman lain tentunya akan jauh lebih mudah untuk mempelajari tutorial ini.

Pada seri tutorial belajar kotlin dasar ini akan saya bagi menjadi beberapa list tutorial. Saya sarankan kamu untuk mengikuti seri ini secara berurutan, karena tentunya akan jauh lebih mudah memahami tutorial ini apabila mempelajari secara urut. Namun pada list nomor satu dan dua merupakan tutorial cara install peralatan (software) yang diperlukan untuk belajar kotlin, apabila kamu sudah install silakan dilewati saja. Dan berikut adalah list tutorialnya.

List Seri Tutorial Kotlin Bahasa Indonesia :

  1. Install Java Di Windows 10.
  2. Install IntelliJ IDEA Di Windows 10.
  3. Membuat Hello World Menggunakan Kotlin Di IntelliJ.
  4. Membuat Variabel Pada Kotlin.
  5. Perbedaan Val Dan Var Pada Kotlin.
  6. Membuat Komentar Pada Kotlin.
  7. Mengenal ReadLine Pada Kotlin.
  8. Operasi Matematika Pada Kotlin.
  9. Pengertian Modulus Dalam Bahasa Pemrograman Kotlin.
  10. Cara Membuat Array Pada Kotlin.
  11. Type Data Boolean Pada Kotlin.

List diatas akan terus diupdate sesuai dengan tutorial Kotlin dasar yang ada di web Carakode. Dan sebagai catatan saya juga masih bisa dibilang baru dalam bahasa pemrograman Kotlin. Intinya disini saya ingin sharing dengan teman-teman yang ingin belajar bahasa pemrograman kotlin. Apabila kamu memiliki tips atau tambahan pada tulisan yang terdapat pada list seri diatas, kamu bisa menambahkan melalui kolom komentar pada masing-masing tutorial yang bersangkutan. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan atau saran pada tutorial Kotlin bahasa Indonesia ini kamu juga dapat menyampaikannya melalui kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post