Seri Tutorial CRUD PHP Dengan MySQLi Sederhana Bahasa Indonesia

Seri Tutorial CRUD PHP Dengan MySQLi Sederhana Bahasa Indonesia

Dalam seri tutorial CRUD PHP bahasa Indonesia dengan menggunakan MySQLi secara sederhana ini, supaya lebih mudah dipahami kita akan bagi menjadi beberapa seri tutorial. Selain itu dalam tutorial ini kita akan membuat kode CRUD PHP sesederhana mungkin supaya kita lebih fokus ke inti tutorial CRUD PHP. Maka dari itu dalam seri ini kita akan menggunakan CRUD PHP secara prosedural style, tanpa ada CSS, dan kode-kode pemanis lainnya.

Untuk mengikuti seri tutorial CRUD PHP ini kamu harus sudah memahami HTML Dasar dan PHP Dasar, bagi kamu yang belum memahami keduanya saya sarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Dan untuk query ke database bisa kita pelajari sambil berjalannya seri tutorial CRUD PHP ini. Namun apabila kamu sudah paham dengan query database akan lebih mudah lagi untuk memahami seri ini.

Sebagai informasi dalam tutorial CRUD PHP ini, saya menggunakan code editor Visual Studio Code (VS Code). Bagi kamu yang ingin ikut menggunakan VS Code dan belum menginstallnya silakan download di website resminya, melalui link ini. Namun apabila kamu ingin menggunakan code editor lainnya tetap bisa mengikuti tutorial CRUD PHP Indonesia ini.

Bagi kamu yang masih bingung tentang apa itu artinya CRUD, CRUD merupakan singkatan dari Create Read Update Delete, yang penjelasan dari keempatnya sebagai berikut :

  • Create : create yaitu proses membuat (input) data baru ke dalam database. Misalnya seperti melakukan registrasi atau berkomentar dalam sebuah website, biasanya data tersebut akan disimpan kedalam database.
  • Read : read yaitu proses membaca (menampilkan) data yang ada didalam database. Misalnya seperti saat kita mengunjungi sebuah website dan membaca artikel didalamnya, biasanya data artikel tersebut terdapat didalam database, kemudian ditampilkan dengan kode tertentu.
  • Update : update yaitu proses update (edit) data yang ada didalam database. Misalnya contoh gampangnya seperti kita edit status atau komentar di facebook, dan data yang diedit tersebut terdapat didalam database.
  • Delete : delete yaitu proses menghapus data yang ada didalam database. Misalnya seperti saat menghapus status atau komentar kita yang ada didalam facebook, data tersebut juga terdapat didalam database.

Berikut adalah beberapa list seri tutorial CRUD PHP MySQLi, dalam list ini supaya lebih paham kamu harus mengikuti secara berurutan.

  1. Membuat Database MySQL.
  2. Membuat Koneksi PHP Ke Database MySQLi.
  3. Memasukkan Data Ke Databese MySQLi (Create).
  4. Membaca Data Database MySQLi (Read).
  5. Edit Data Database MySQLi (Update).
  6. Hapus Data Pada Database MySQLi (Delete).

Demikian untuk seri tutorial CRUD PHP dengan MySQLi bahasa Indonesia secara sederhana, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan tanyakan pada kolom komentar pada setiap serinya masing-masing. Dan apabila kamu ingin download file PHP hasil dari latihan ini, silakan download disini.


Kolom Komentar

Related Post