Variabel Dan Operator Aritmatika Pada JavaScript Lebih Dalam

Variabel Dan Operator Aritmatika Pada JavaScript Lebih Dalam

Pada seri sebelumnya kita sudah mempelajari variabel dan operator aritmatika. Selanjutnya pada seri ini kita akan mempelajari variabel dan operator aritmatika pada JavaScript secara lebih mendalam. Sudah kita ketahui untuk membuat variabel dengan menggunakan keyword (kata kunci) var, kemudian setelah keword var kita tulis nama variabel dan tanda sama dengan (=), lalu kemudian value (isi) dari variabel, dan tidak lupa dengan titik koma. Misalnya var namaVariabel = “Value (isi) variebel”;.

Selain itu kita juga sudah mempelajari variabel string dan variabel angka. Pada variabel string kita bisa menggabungkan beberapa variabel dan disimpan menjadi satu variabel lainnya, contohnya :

Sebagai catatan silakan baca komentar pada contoh kode yang saya tulis pada tulisan ini, karena ada penjelasannya.

Dan pada variabel yang bertype data number (angka) bisa kita gunakan operator aritmatika, untuk menggunakan operator aritmatika pada JavaScript caranya hampir sama dengan matematika yang sesungguhnya yang basiknya sudah kita pelajari pada seri sebelumnya. Contohnya :

Selain itu kita juga bisa merubah value (isi) variabel yang sudah memiliki value, contohnya seperti berikut :

Selain dari contoh diatas kamu juga bias melakukan increment atau penambahan, dan decrement atau pengurangan. Untuk lebih jelasnya silakan lihat kode berikut :

Dari kode diatas terdapat beberapa tag span kosong yang akan diisi oleh JavaScript menggunakan innerHTML setelah menjalankan operator aritmatika. Kode diatas jika ditampilkan pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Operator Aritmatika Increment dan Decrement Pada JavaScript

Apabila kamu mengikuti seri belajar JavaScript ini dari awal pasti tidak kesulitan memahami seri belajar variabel dan operator aritmatika pada JavaScript secara lebih dalam ini. Karena dasar-dasarnya sudah dijelaskan pada seri sebelumnya. Namun apabila kamu masih menemui kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan silakan sampaikan di kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post